Falsafah Pendidikan Inklusi
- Pendidikan untuk semua
- Setiap anak berhak untuk mengakses dan mendapatkan fasilitas pendidikan yang layak
- Belajar hidup bersama dan bersosialisasi
- Setiap anak berhak untuk mendapatkan perhatian yang sama sebagai peserta didik
- Integrasi pada lingkungan
- Setiap anak berhak menyatu dengan lingkungannya dan menjalin kehidupan sosial yang harmonis Penerimaan terhadap perbedaan
- Setiap anak berhak dipandang sama dan tidak mendapatkan diskriminasi dalam pendidikan “Children who learn together.. learn to live together.” (Marsha Forest)
? Jenis Keterbatasan Anak
Permasalahan Fungsi Pikir
- Hambatan Kesukaran Belajar. Kesulitan memahami, mengingat, menghitung, membaca
- Hambatan Pemusatan Perhatian. Hiperaktif, perilakun yang tidak sesuai situasi, mencari perhatian, menyela pembicaraan, perilaku berlebihan
- Hambatan Berbicaran & Berkomunikasi. Gagap, kesalahan pengucapan, cedal, sulit menangkap percakapan
Permasalahan Fungsi Sosial dan Perilaku
- Hambatan Emosin & Perilaku. Suasana hati berubah cepat, agresif, memukul, berteriak, mengejek Autis. Minim kontak sosial, menyendiri, gerakan tak lazimn
? Jenis Keterbatasan Anak Keterlambatan Fungsi Pikir & Sosial
- Mental Retarded. IQ dibawah rerata, keterbatasann berkomunikasi, kompetensi akademis minim Anak Berbakat
- Gifted. Kreatif, suka mengganggu, mudah tidakn puas, eksplorasi luas Gangguan Fisik & Indera
- Gangguan penglihatan, gangguan pendengaran dann keterbatasan ganda (penglihatan dan pendengaran)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar