10 Feb 2014

Falsafah Pendidikan Inklusi

Falsafah Pendidikan Inklusi
  • Pendidikan untuk semua 
  • Setiap anak berhak untuk mengakses dan mendapatkan fasilitas pendidikan yang layak
  • Belajar hidup bersama dan bersosialisasi 
  • Setiap anak berhak untuk mendapatkan perhatian yang sama sebagai peserta didik
  • Integrasi pada lingkungan 
  • Setiap anak berhak menyatu dengan lingkungannya dan menjalin kehidupan sosial yang harmonis Penerimaan terhadap perbedaan 
  • Setiap anak berhak dipandang sama dan tidak mendapatkan diskriminasi dalam pendidikan “Children who learn together.. learn to live together.” (Marsha Forest) 
? Jenis Keterbatasan Anak
Permasalahan Fungsi Pikir
  • Hambatan Kesukaran Belajar. Kesulitan memahami, mengingat, menghitung, membaca 
  • Hambatan Pemusatan Perhatian. Hiperaktif, perilakun yang tidak sesuai situasi, mencari perhatian, menyela pembicaraan, perilaku berlebihan 
  • Hambatan Berbicaran & Berkomunikasi. Gagap, kesalahan pengucapan, cedal, sulit menangkap percakapan
Permasalahan Fungsi Sosial dan Perilaku
  • Hambatan Emosin & Perilaku. Suasana hati berubah cepat, agresif, memukul, berteriak, mengejek  Autis. Minim kontak sosial, menyendiri, gerakan tak lazimn  
? Jenis Keterbatasan Anak Keterlambatan Fungsi Pikir & Sosial
  1. Mental Retarded. IQ dibawah rerata, keterbatasann berkomunikasi, kompetensi akademis minim Anak Berbakat
  2. Gifted. Kreatif, suka mengganggu, mudah tidakn puas, eksplorasi luas Gangguan Fisik & Indera
  3. Gangguan penglihatan, gangguan pendengaran dann keterbatasan ganda (penglihatan dan pendengaran)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar