5 Feb 2014

Pendidikan Inklusi, Belajar dan berlatih



Pendidikan Inklusi, Belajar dan berlatih 

Menggunakan kegiatan budaya sebagai alat untuk belajar dan berlatih keterampilan tertentu akan membuat belajar semakin bermakna sehingga memberikan motivasi. Menggunakan kegiatan yang menyenangkan untuk melatih keterampilan motorik, ingatan, konsentrasi dan keterampilan dasar lainnya yang diperlukan akan menimbulkan motivasi sehingga lebih efektif daripada sekedar latihan.

Bila menggunakan tari, musik dan drama, dan/atau seni rupa dan kerajinan, kita dapat menciptakan pengertian yang lebih baik, misalnya tentang konsep, kuantitas dan bilangan, atau peristiwa sejarah.

Dengan menggunakan ritme dan gerakan, dan/atau seni rupa dan kerajinan, kita dapat mengembangkan kekuatan dan kontrol yang lebih baik atas lengan, tangan dan jarinya. Latihan ini mungkin diperlukan untuk mempersiapkan anak belajar menulis.
Berikut ini adalah daftar bidang pemahaman dan keterampilan yang perlu diajarkan dan dilatihkan kepada anak. Bidang-bidang ini merupakan dasar bagi bidang-bidang pengetahun dan keterampilan lain dan akan memberikan suatu dasar untuk pembelajaran selanjutnya.

    * Keterampilan dasar
          o Perhatian dan kesadaran
          o Konsentrasi – kesiagaan, perhatian –reaksi
          o Meniru
          o Keterampilan motorik
          o Ingatan
    * Keterampilan yang terkait dengan kemandirian dan swasembada
    * Kemampuan untuk sadar akan perasaan dan mengembangkan kontrol atas perasaan, artinya mengungkapkan perasaan secukupnya, bukan menekan perasaan.
    * Konsep:
          o Ruang – arah – bentuk – jarak – ukuran
          o Waktu
          o Jumlah – bilangan
          o Urutan – rangkaian
          o Berat
          o Tekstur – konsistensi – suhu
    * Mengembangkan kemampuan untuk
          o Mengamati
          o Meniru
          o Mematuhi peraturan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar